Goa Pindul Gunungkidul - Harga Tiket & Fasilitas

Goa Pindul terletak di Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Pindul sendiri merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di jogja saat ini, Goa Pindul sangatlah berbeda dengan goa pada umumnya yang kebanyakan cara menikmatinya atau melihat keindahannya dengan berjalan kaki, tetapi di Goa Pindul sangatlah unik dan berbeda kalian akan melihat keindahan dalam goa dengan cara menyusuri sungai dengan menggunakan karet ban. Jika menyusuri goa kalian akan di sediakan kelengkapan seperti pelampung, ban karet, senter kepala, helm, sepatu karet dan sudah berstandar SAR.

Sejarah Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul sendiri berasal dari kata pipi dan gebendul yang mempunyai arti pipi terbentur, sampai sekarang belum ada orang kapan Goa Pindul ini terbentuk, bahkan ada yang mengatakan Goa Pindul terbentuk sudah berjuta tahun yang lalu karena faktor alam, menurut cerita rakyat dahulu ada seorang yang menelusuri goa ini yang bernama Joko Singlulung, saat menelusuri sungai untuk mencari ayahnya pipi Joko Singlulung pun terbentur dan goa ini pun dinamakan pindul karena kejadian tersebut dan tepat pada tanggal 10 oktober 2010 Goa Pindul diresmikan oleh pemerintah setempa sebagai tempat wisata.

Sampai sekarang Goa Pindul masih dianggap sakral oleh masyarakat sekitar, dibalik mitos warga tersebut terdapat keindahan yang luar biasa di dalam goa, panjang Goa Pindul yaitu 350 meter dengan lebar 5 meter dengan jarak permukaan air dengan atap sekitar 4 meter dengan mata air dari gedung tujuh, untuk menelusuri Goa Pindul kalian butuh waktu sekitar 1 jam.


Fasilitas di Goa Pindul

Fasilitas Goa Pindul sudah sangat lengkap seperti warung makan, alat keselamatan, asuransi, jasa pemandu dan juga terdapat basecamp dengan fasilitas lengkap seperti wifi. Di Goa Pindul kalian akan menelusuri goa menggunakan ban karet, pelampung, senter kepala, sepatu karet dan helm, kalian tidak perlu khawatir tenggelam disini karena pelamupung sudah tersedia 3 tipe besar, medium dan kecil yang dapat menahan berat badan hingga 100 kg. Ketika keluar dari Goa Pindul kalian bisa melanjutkan Body Rafting di Sungai Oyo yang berjarak 1 km, di Sngai Oyo kalian akan menjumpai air terjun dan tempat melompat apabila kalian ingin melompat dari atas air terjun.

Waktu Terbaik Liburan Di Goa Pindul

  1.  Hindari libur panjang atau hari sabtu dan minggu karena saat hari libur Goa Pindul sangatlah ramai, apabila kalian hanya mempunyai waktu saat hari libur kalian tetap bisa berkunjung, karena pengelola sudah mengatisipasi terjadinya kepadatan wisatawan.
  2.  Saya sarankan menyusuri Goa Pindul ketika jam 10-12 siang, karena ketika kalian di bawah lobang goa kalian akan melihat cahaya vertikal yang sangat indah.
  3. Sore atau pagi hari karena udara dan terik matahari pun tidak terlalu menyengat dan cocok untuk berfoto karena tidak ada pantulan cahaya ke kamera.


Hal Penting Sebelum Liburan ke Goa Pindul 

Sebelum liburan ada baiknya kalian menyiapkan dan mengetahui apa saja yang diperlukan, seperti hal kalian ingin pergi ke pasar pasti kalian tidak lupa membawa keranjang untuk tempat belanja kalian bukan, karena itu hal yang perlu diperhatikan sebelum liburan ke Goa Pindul yaitu :
  • Mengetahui lokasi dengan benar, saya sarankan kalian langsung menuju basecamp agar lebih jelas.
  • Jangan tergiur harga tiket murah karena ada harga ada kualitas, kalian bisa membeli tiket yang sedikit mahal dengan asuransi dan fasilitas komplit agar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan kita tidak terlalu rugi.
  • Jangan percaya kepada jasa pengantar Goa Pindul di pinggir jalan sebelah kiri di jalan Yogyakarta - Gunung Kidul karena kalian akan dikenai biaya antar menuju loket.
  • Mengetahui jalan yang akan kalian lewati.
  • Menyiapkan keperluan pribadi seperti pakaian basah karena kalian akan menyusuri goa di air.

Gallery :
Goa Pindul GunungkidulGoa Pindul GunungkidulGoa Pindul GunungkidulGoa Pindul GunungkidulGoa Pindul Gunungkidul

Daftar Harga Tiket Masuk Goa Pindul :

Domestik : 
Kategori
Harga Tiket
Dewasa
Rp 50.000
Anak
Rp -

Luar Negeri :
Kategori
Harga Tiket
Dewasa
$ 5.59
Anak
$ -

Jam Operasional Goa Pindul 

  • Senin - Jumat : 07.00 - 16.30
  • Sabtu - Minggu : 07.00 - 16.30

Rute dan Lokasi Goa Pindul 


0 Comments