wisata alam kalibiru kabupaten kulon progo - Harga Tiket Masuk

Kali Biru Kulon Progo adalah salah satu wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 mdpl.

Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan di bukit menoreh sekaligus dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit, bahkan jika cuaca cerah nampak di kejauhan putihnya ombak pantai selatan. Dari puncaknya juga, jika melihat ke arah timur terlihat hamparan dataran luas hingga nan jauh ke timur. Jika anda menginap malam, anda berkesempatan melihat sunrise dari puncaknya.

Area tempatnya cukup sejuk (saat pagi) dan juga cukup mudah dijangkau dengan kendaraan (namun harus hati-hati karena jalanan berbolek naik turun, mesin motor pun harus kuat ditanjakan curam). Fasilitas yang ada juga cukup baik, mulai dari tempat makan (harga makan standar, loo), tempat pertemuan, tempat menginap, masjid dan lainnya, tempat ini cocok untuk acara forum maupun outbound. Di puncak kalibiru terdapat prasasti batu, menara pandang dan juga fly over.

Gallery :

Tips berkunjung ke wisata alam Kali Biru :


  • Jika anda pergi berkendara sendiri dengan motor atau mobil pastikan kendaraan yang digunakan fit untuk naik gunung. Pastikan Rem masih bagus untuk perjalanan naik turun gunung.
  • Lebih nyaman sampai di tempat saat pagi atau sore hari, atau datang di saat musim hujan (namun di saat langit cerah).
Anda bingung menuju jalan arah ke Kalibiru? Kami akan menyediakan peta (map) dan panduannya. Lokasinya terletak di Jalan Waduk Sermo, Dukuh Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Indonesia.

Dari jantung Kota Jogja, Malioboro, Anda butuh waktu dari satu jam hingga satu setengah jam. Bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Sebelum sampai di lokasi, sepanjang jalan menuju tempat wisata surga di Kulon Progo ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam berupa perbukitan, waduk atau danau yang indah mempesona.

Untuk mempermudah, cobalah gunakan smartphone plus GPS untuk memandu Anda menuju arah lokasi ke wisata kalibiru. Anda juga bisa menemukan banyak penginapan atau hotel dengan tarif yang murah di sana, mulai dari Rp 120 ribuan per malam.

Setelah sampai di lokasi, Anda harus parkir kendaraan dengan biaya Rp 5.000 untuk mobil, lebih murah untuk biaya parkir sepeda motor tentunya. Jarak tempat parkir dan lokasi wisata sekitar 300-an meter, sangat dekat kok.


Harga Tiket Kalibiru Yogyakarta Masuk 2018 :

Rp 5.000 per orang (hari biasa)
Rp 10.000 per orang (akhir pekan, weekend)
Rp 5.000 per orang (retribusi Waduk Sermo yang indah)

Biaya parkir
Sepeda motor : Rp 2.000
Mobil : Rp 5.000
Elf : Rp 10.000
Bus : Rp 15.000

Biaya foto spot
Spot 1 : Rp 15.000
Spot 2 : Rp 10.000
Spot 3 : Rp 10.000
Spot 4 : Rp 15.000

Tarif di atas sudah termasuk fasilitas alat pengaman selama berada di atas pohon. Biasanya, saat banyak pengunjung, wisatawan harus menunggu untuk antre, sebelum dipanggil naik ke atas.

Paket wisata outdoor
Rp 35.000 per orang, mendapatkan fasilitas climbing, sling1, spider web, flying fox, dan wooden bridge.


Jam Operasional : 
06.30 - 17.00 WIB

Lokasi : 

0 Comments